Menguras pikiran, tenaga, dan sisa-sisa sumber daya. Banyak yang bilang terutama kakak-kakak tingkat bahwa semester ini, semester 5 merupakan masa-masa paling sibuk luar biasa. Mungkin tak terlalu terasa bagi mahasiswa ‘kupu-kupu’, Namun ini sangat terasa bagiku. Bagi mahasiswa yang hidup berorganisasi baik di dalam maupun di luar universitas.

Dimulai dari pertengahan bulan September…

Sepulang KKN di Cinangka, hari pertama masuk kuliah ku ingat waktu itu adalah mata kuliah hitungan bernama Akuntansi Biaya. Belum sempat aku menghela napas panjang karena harus dikejar-kejar oleh laporan KKN yang harus diserahkan secepat mungkin ke LPM kini harus berhadapan dengan derasnya hujan tugas dan kegiatan!

Bayangkan, seminggu aku tiba di Jakarta, aku kebagian menjadi kelompok pertama untuk praktik kewirausahaan di FE Mart Gedung L bersama mahasiswa dari jurusan lain dengan total berjumlah 11 mahasiswa. Namun apa? Bukan tugas maupun kegiatannya yang ku sesali, tapi dari 11 mahasiswa hanya aku seorang yang laki-laki. Apa-apaan ini? Alhasil banyak sekali tenaga terbuang dengan sangat besar. Selalu merasa tak enak hati bila melihat yang lain bekerja dengan berat. Semua pekerjaan yang kasar kulakukan dari mulai belanja barang dagangan, roadsel siang hari, hingga mencari es batu yang jauhnya minta ampun! Tapi itu semua akhirnya terselesaikan dengan maksimal. Sesuai target, dan menyusun laporan dengan baik walaupun agak sedikit repot juga dengan beberapa rekan yang kurang baik. Tapi of all bagus lah yaahh.. sebagai kelompok pertama aku merasa beruntung karena dapat dengan mudah melewati di awal tanpa harus memikirkan nantinya ketika di tengah perkuliahan yang sedang sibuk-sibuknya memerangi tugas!

Ternyata semuanya belum usai, aku sudah terlalu lelah malam ini untuk hanya sekedar mengingat-ingat kegiatan-kegiatan yang kulakukan akhir-akhir ini. Tapi seingatku program besar yang sedang kuhadapi kini adalah menjadi fasilitator KBM jilid #4, ketua koordinasi Medis FE UNJ Championship, proker Jaket EA, FBM, dan persiapan KKL. Belum lagi tugas-tugas kuliah yang menggila. Sampai-sampai tadi pagi aku telat mengikuti kuis Akuntansi Biaya 😦 tapi, yaudahlah yaa,, namanya juga hidup!!

Lengan ini masih terlalu pegal usai tes fisik KSR UNJ jumat lalu, ditambah menjadi petugas pemotong daging pada event pemotongan hewan kurban di UICCI Sulaimaniyah.

Semoga lekas sembuh pegal ini. Itu doaku pada diriku sendiri. Selamat malam…

Advertisements