Siapa sih yang gak mau punya usaha sendiri? Apalagi dirintis sedari masa muda. Yap, salah satu usaha bergengsi yang membutuhkan kreatifitas tinggi di kalangan anak muda masa kini yaitu mendirikan kafe! Selain bisa menambah uang jajan, investasi masa depan, pengakuan diri, dan penyaluran hobi, bisnis kafe juga merupakan pembuktian bahwa usaha yang tengah dirintis bukanlah sekedar bisnis ecek-ecek. Bisnis kafe sejatinya adalah salah satu usaha yang penuh perjuangan tapi memiliki prospek yang menjanjikan.

Berikut adalah hal-hal penting yang perlu kamu ketahui dalam membuka usaha kafe di masa muda.

1. Percaya Diri

images-1

http://www.musclethatmatters.com

Kepercayaan diri yang tinggi adalah semangat kamu yang harus terus dijaga. Karena dengan rasa percaya diri, apapun yang kamu lakukan akan sesuai dengan rencana yang memang sudah kamu susun sebelumnya. Dengan berbekal kepercayaan diri inilah kamu bisa membuat orang-orang terutama pangsa pasar kamu percaya dan yakin sama usaha kafe yang kamu rintis. Kalau kamunya saja belum sepenuhnya percaya sama diri sendiri, lantas bagaimana kamu bisa mendapatkan kepercayaan dari orang lain? So, just be confident! 

2. Rencanakan dengan Matang

entrepreneur-online-mba-degrees

http://www.technical.ly

Planning dalam hal usaha sangat menentukan hasil. Ya, meski ada sih usaha yang memang awalnya cuma main-main namun tanpa diduga bisa ber-omset miliyaran. Tapi ingat, itu adalah kejadian yang sangat jarang terjadi! So, mari berpikir realistis bahwa apa-apa yang akan kamu kerjakan harus direncanakan sebaik mungkin, jangan sampai kamu berhenti ditengah-tengah karena tidak menyusun strategi. Mulai dengan menganalisa pangsa pasar, analisis kebutuhan, hingga riset sederhana, kemudian mulai test on the market! Percayalah, rencana yang kamu buat akan menjadi guide terbaikmu dalam setiap perjalanan bisnis yang kamu jalani.

3. Strategi 4p

unnamed

https://de.fotolia.com/tag/4p

Ini adalah salah satu strategi pemasaran yang paling populer. Dalam usaha membangun sebuah bisnis yang akan digeluti perlu dipertimbangkan dari berbagai aspek. Strategi 4P dapat dilakukan sebelum menentukan apa-apa saja yang meliputi terbentuknya kafe yang worth it, pastinya.

P yang pertama adalah Product. Produk apa saja yang akan dipasarkan dalam cafe. Jika kafe-mu berkonsep ‘rumah makan gaul’, mungkin kamu bisa klasifikaskan produk ke dalam beberapa jenis main cost, appetizers, dan dessert apa saja yang tersedia di kafe-mu. Atau jika ingin bertema lebih ringan seperti kedai kopi, kamu bisa menentukan jenis-jenis kopi dan soft cake yang memang relevan untuk disajikan sebagai produk utama.

P yang kedua adalah place. Yap! Lokasi mana yang akan kamu pilih sebagai tempat untuk mendirikan kafe versimu. Pilihlah lokasi yang benar-benar potensial dan mendukung dengan memperhatikan aspek keamanan, kenyamanan, dan kebersihan. Satu poin plus apabila lokasi yang kamu pilih adalah daerah bebas banjir dan macet, serta memiliki penghijauan yang memadai. Ya, minimal berkonsep the urban cool gitu.

Price! Ini adalah P selanjutnya. Menyesuaikan harga tentu dapat ditentukan dengan cara mengklasifikasikan pangsa pasar yang akan kamu tuju, serta biaya bahan baku dan operasional. Secara rumus, harga jual adalah gabungan antara modal dengan laba yang diharapkan. So, kamu perlu riset lebih dalam saat menentukan harga karena ini merupakan hal krusial yang memang menjadi perhatian khusus bagi pangsa pasar.

P yang terakhir adalah promotion. Sebagai usaha yang baru berdiri, tentunya promosi akan sangat membantu dalam mengorbitkan nama kafemu di kancah telinga-telinga para calon pelanggan. Entah menggunakan media sosial, brosur, maupun iklan, kamu dan tim harus merundingkan. Karena promotion sangat menentukan daya beli konsumen untuk bertamu ke kafe baru-mu. Saat ini, kamu bisa meniru gaya promosi dari berbagai start up yang memang terbilang sukses. Seperti bekerja sama dengan blogger, youtuber, ataupun celebrity endorse.

4. Pancarkan Energi Positif

images-3http://www.soundofheart.org

Energi dalam dirimu jangan pernah lepas dari kontrol. Tetap menjadi dirimu sendiri dan menjalankan bisnis dengan sebaik mungkin. Energi positif secara tak sadar banyak membantu dalam perkembangan bisnis kafe-mu ke depan. Percayalah, selalu berpikir positif, bertindak positif, dan bertujuan positif, kamu akan dapat ruang tersendiri di hati pelanggan. Boleh jadi sebagai contoh begini, ada dua kafe baru yang sama enaknya, sama nyamanya, dan sama terkenalnya. Namun, yang membedakan adalah pelayanan atas pelayannya yang memang dididik agar selalu berenergi positif. Pastikan itu adalah kafe-mu. Karena kafe yang didalamnya memancarkan energi positif dari seluruh elemen karyawannya dari waiters, kasir, petugas dapur, bartender, hingga owner-nya, akan menjadi kenyamanan tersendiri bagi pelanggan.

5. Membangun Relasi

3516272_orig

http://www.tronixcare.com

Berkembangnya kafemu menjadi kafe yang selama ini kamu impikan tak luput dari relasimu yang luas. Relasi disini mencakup semua lapisan seperti hubungan dengan karyawan, pelanggan, investor, masyarakat sekitar kafe, hingga tokoh pejabat dan penegak hukum. Kamu bisa menjalin relasi dengan sesiapa saja. Karena setiap orang yang kamu temui pastilah selalu membawa pesan tersendiri baik tersurat maupun tersirat untuk membuatmu belajar darinya. Pepatah lama mengatakan bahwa,  setiap orang adalah guru, setiap tempat adalah sekolah, dan setiap pengalaman adalah pelajaran yang berharga. Please remember this quotes guys!

6. Mulai dari Hal Sederhana

14253a6dec6fd50d2b198970c9063ca5.jpg

http://m.scmp.com

Kamu harus bersabar. Bisnis kafe memang butuh perjuangan panjang. Mulailah dengan hal sederhana, dan pelan-pelan asal sampai. Bukankah tidak ada bangunan kokoh yang dibangun secara instan? Semuanya butuh proses dan ketelatenan. Misalnya salah satu franchise terbesar di Indonesia yakni KFC, dulu ketika di negara asalnya (Kentucky) Om Sanders hanya menjajakan ayamnya pada gerai sederhana. Dan lihat kini? Semuanya berubah, pada setiap kota metropolitan di berbagai dunia kita dapat menemukan ayam legendaris itu dengan mudah. Nah, keuletanmu dalam berbisnis akan diuji disini sebelum kamu mampu untuk membuka puluhan bahkan ratusan kafe sesuai mimpimu kelak. Hasil tiada pernah mengkhianati proses, percayalah.

7. Kenali Ralali B2B Marketplace

kontes-blog-960x960c-rev2-768x768

Promosi banget? Tidak kok. Ini adalah info untuk kamu calon pembisnis muda. Kamu bisa follow Instagram dan Twitter di @ralalicom. Nah apa sih Ralali.com? Ini adalah sejenis platform yang memudahkan para pembisnis untuk dipertemukan dengan pembisnis lainnya dalam hal jual beli. Istilahnya B2B marketplace gitu, jadi secara langsung ralali.com ini menjembatani para pembisnis muda untuk bertemu dengan pembisnis lainnya namun memiliki relasi yang dekat dalam pengembangan bisnis masing-masing. Misal, kamu pembisnis di bidang kafe, dapat membeli langsung produk dari pembisnis furniture atau peralatan rumah tangga. Simple kan? Jadi simbiosis mutualisme gitu.

Oke guys! Terimakasih sudah mampir. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kamu-kamu semua yang memang tertarik berbisnis khususnya di bidang kafe atau kuliner. See you on top and success!


P.S: Blog ini ditulis dalam rangka memberikan info yang bermanfaat sekaligus sebagai persyaratan dalam mengikuti lomba blog yang diadakan oleh ngeblog.me dan ralali.com.

#ralalib2bmarketplace #sumpahpemuda

Advertisements