“Adventure isn’t hanging on a rope off the side of a mountain. Adventure is an attitude that we must apply to the day to day obstacles in life.”

–John Amatt

Libur awal tahun 2017. Kuhabiskan di Desa Gandrungmangu, Cilacap, Jawa Tengah. Dalam perjalanan kesana, pada gerbong 5 No 7E tepat di samping jendela, K.A Serayu trayek Jakarta-Purwokerto dengan khidmat kubaca kisah demi kisah yang luar biasa. 25 buah kisah tentang para pemuda Indonesia yang tengah berusaha mengharumkan nama negara hingga ke luar negeri. Dari Thailand hingga Rusia, dari Nepal hingga Belanda. Kisah yang amat inspiratif, memotivasi, sekaligus memberikan semangat luar biasa untuk diri ini khususnya dalam menggapai impian menapakkan kaki di berbagai belahan dunia.


Sebagai pemuda harapan bangsa, memiliki hasrat dan keingintahuan luar biasa tentang apa-apa saja yang ada di luar sana merupakan hal yang mendasar. Dimana peran pemuda dalam pembangunan negeri di masa mendatang amat dibutuhkan.

Salah satu yang dapat dilakukan adalah dengan mengikuti ajang kepemudaan tingkat internasional. Setelah mengikuti program, seyogyanya dapat menerapkan hasil serta pengamatan yang telah dilakukan untuk kemajuan Tanah Air tercinta. Sebagai pemuda, tentunya kita harus kritis dalam melihat serta mempelajari keunggulan apa saja yang ada di negara-negara lain dan dapat diaplikasikan di Indonesia dalam memajukan negeri ini di masa mendatang.

Dalam buku Abroad You(th) Chapter 1 yang digagas oleh kakak kelasku, Putri Agustina bersama 24 pemuda lainnya, tertuang semangat-semangat anak muda Indonesia khususnya dalam mengikuti ajang kepemudaan di luar negeri. Baik yang bersifat konferensi, pertukaran pelajar, kompetisi, workshop, atau kerelawanan, semuanya menginspirasi dengan daya tariknya masing-masing.

Secara langsung, ini mendorong bagi pemuda-pemudi lainnya yang punya mimpi sama untuk dapat mewujudkannya. Mengingat bahwa mengikuti program kepemudaan tingkat internasional tidaklah mudah, harus memiliki keterampilan khusus, kecerdasan bahasa yang mumpuni, hingga kesiapan mental yang baik, dan ketersediaan modal yang cukup, buku ini mampu menggiring pembaca untuk tetap semangat meraih asa, dilengkapi tips dan trik menarik untuk dapat tembus mengikuti program kepemudaan internasional impian.

Dalam setiap kisah, para pemuda inspiratif dalam buku ini memiliki ciri dan khasnya tersendiri dalam bercerita. Berlatar belakang pendidikan yang berbeda, asal daerah yang berbeda, hingga tahapan-tahapan kesulitan yang dihadapinya, mereka menuliskan kisahnya masing-masing dengan penuh kesungguhan untuk dapat menyemangati rekan-rekan lainnya.

Bahwa tiada hal yang tak mungkin, bahwa selalu ada kemudahan disetiap kesusahan. Ah, betapa berjuang akan terasa nikmat apabila diiringi hal-hal yang menyenangkan, dan berakhir dengan bahagia.

Bagai oase di tengah gurun. Mengingat bahwa selama ini belum memadainya sumber informasi tentang program kepemudaan internasional, informasi mengenai persyaratan, serta sponsorship, buku ini hadir seolah menjawab kegalauan bagi para pemuda lainnya yang juga ingin berkesempatan mengikuti ajang tersebut namun masih harus meraba-raba dan memburu info sana-sini terkait informasi yang memang minim sekali.

Selama ini para pemuda Indonesia belum mendapatkan info yang memadai tentang program internasional karena wadah informasi yang ada belum menjawab kebutuhan. Semuanya seolah bersifat tertutup dan rahasia. Dengan adanya buku ini, yang di dalamnya juga terdapat channel dan link informasi tentang program terkait, ini akan menumbuhkan pertumbuhan generasi mendatang yang lebih kompeten pengetahuannya dalam mengikuti ajang kepemudaan di luar negeri.

Ucapan terimakasih sangat layak dihaturkan bagi para penulis dalam buku ini, yang dengan sukarela dan persuasif menuliskan cerita-cerita inspiratifnya dalam kisah yang sangat baik. Ilmu dan pengalaman yang dibagikan semoga senantiasa mengalirkan ladang amal dan bermanfaat bagi pemuda-pemudi lainnya demi kemajuan bangsa.

Kesan yang luar biasa bagi sang inisiator yang memang mengkhususkan bahwa sebagian profit penjualan buku ini digunakan untuk mendukung gerakan One Book 25 Inspiration For Better Nations, yakni satu buah buku ini akan dikirim ke setiap perpustakaan atau Rumah baca di seluruh wilayah Indonesia secara gratis. Ini menunjukan bahwa kebermanfaatan buku ini lebih penting daripada profit yang nantinya dihasilkan dari penjualan. Sukses untuk Abroad You(th) Chapter 2, 3, dan selanjutnya. Semoga buku-buku pembangkit semangat bangsa seperti ini terus eksis dan mendapat respon positif di khalayak masyarakat Indonesia.

Semangat menginspirasi!

Surur
Bachelor of Commers Education FE UNJ
Abang Buku Persahabatan DKI Jakarta 2015
Advertisements