Merhaba! Merhaba!

Wah sebentar lagi berangkat? Enjoy saja. Jangan terlalu banyak barang bawaan. Minimalkan sebisanya. Oh iya, makanan Indonesia jangan kelupaan ya, bawa yang banyak. Untuk pakaian, secukupnya saja! Semangat..

Dari Indonesia ke Turki dan menetap untuk waktu yang lumayan lama adalah sebuah tantangan tersendiri bagi mahasantri. Tidak usah galau dan bimbang kalau kamu membaca postingan berikut. Ini diambil dari berbagai sumber meliputi kakak-kakak yang lebih dulu mengenyam pendidikan disana. Post ini dibuat untuk memudahkan mahasantri agar dapat mengefektifkan barang bawaan dari Indonesia. Stay tune!

✔List wajib yang harus dibawa

1. Koper (fit 30 kg), Pilih yang ukuran 28 atau 24 inch. Koper tidak harus baru, tapi masih kuat dan berfungsi. Jika ingin membeli baru, silakan cek harga di toko online, cari yang paling murah dan trusted, kemudian negosiasi dengan supplier. Tahun 2017, sesuai post ini dibuat, harga untuk koper ukuran 28 inch kisaran 600-700rb rupiah dan untuk ukuran 24 inch harganya kisaran 400-550rb rupiah tergantung merk dan kualitasnya. Sekedar saran, pilih merk President atau Polo dan pastikan koper memiliki 4 roda dengan gagang tarikan kuat serta kokoh (tidak sambungan). Pilih warna-warna netral dan tidak terlalu mencolok. Tapi tergantung selera masing-masing, ini hanya saran :).

img-20170209-wa0001
Ukuran-ukuran koper. Sumber: Google

2. Ransel, jadi selain koper, ransel di punggung kamu (nantinya akan masuk kabin (dibawa naik ke pesawat), tidak ke kargo bersama koper. Gunanya untuk apa? Ransel ini harus selalu km gendong selama perjalanan dan berisi buku-buku, kitab, alat-alat tulis, serta satu/dua baju ganti. Hindari membawa benda-benda tajam dan benda cair lebih dari 100ml karena tidak diperbolehkan ketika masuk ke boarding pass.

3. Tas kecil, Nah ini satu lagi barang yang harus nempel di badan kamu selama perjalanan, yap tas kecil! Mirip tukang kredit sih cuma ini akan sangat berguna buat kamu untuk menaruh passport, dompet, visa, obat-obatan, Snack ringan, kaca mata, handsfree, mp3, dsb yang memang sering kamu gunakan selama perjalanan.
4. Kemeja tangan panjang, cukup 3 buah saja. Berbeda warna dan tidak harus baru, yang jelas masih pantas untuk dipakai. Untuk pakaian, kamu jangan terlalu khawatir! Kemeja di masukan ke koper ya.
5. Celana Bahan, usahakan warnanya gelap entah hitam atau biru dongker. Cukup bawa 2-3 potong celana bahan panjang. Tidak boleh Levis/cino/jogger ya :).
6. Jaket Tebal, untuk kamu yang berangkat ke Turki pada saat musim dingin (Desember-Maret) Nah jaket tebal ini wajib ada! Gak lucu kan nanti turun dari bandara langsung jet lag dan menggigil kedinginan gara-gara gak bawa jaket. Untuk yang berangkat pada musim panas, terserah saja, mau bawa atau tidak, tapi untuk persiapan kedepannya tidak ada salahnya untuk bawa juga :).

7. Sweater, berbeda dengan jaket tebal, ini lebih sedikit tipis dan menjadi pelengkap kamu setelah memakai kemeja agar gak dingin-dingin banget supaya menghindari masuk angin dan mabuk perjalanan. Gunakan sweater yang kalem ya, jangan yang heboh dan banyak tulisan-tulisan tidak jelasnya. Hehehe.
8. Kaos/Baju Tidur, selama disana kita akan sering pakai kemeja dan jas, jadi untuk kaos-kaos ya itu untuk di dalam ruangan saja dan bisa juga untuk tidur sehari-hari. Bawa secukupnya ya!
9. Celana Training 2, selain buat tidur dan olahraga, celana training juga bisa dipakai untuk daleman sarung. Hehe, bawa yang agak tebal dan warna kalem.
10. Celana Dalam 7, ini wajib banget dan sepertinya tidak usah dijelaskan gunanya untuk apa. Hehe.
11. Kaos Dalam 4, maksudnya yang warna putih polos ya, untuk daleman kemeja. Saran sih, kamu sama temen-temen kelompok bisa belanja di pasar Senen atau Tanah Abang, sehingga bisa lebih murah harganya apabila beli secara grosir.

12. Kaos kaki panjang 3, warna gelap (hitam/blue navy).
13. Sarung Tangan 1, kalau bisa yang kulit ya, dan bukan yang buntung jarinya (utk rider gojek hehe), ada juga yang jari-jarinya touchscreen. Waktu itu sempat ketemu di ITC Cempaka Mas, harganya 100rb/pasang. Duh mahal yak. Nih kalo yang di foto, ini murah bgt, cuma 2500/pasang belinya di toko material wkk.
14. Pantofel 1, warna hitam/cokelat sesuai selera. Jangan lupa bawa semir spatunya juga guys.
15. Sepatu sport 1, bungkus dengan plastik, masukan ke koper, buat main futsal atau jogging2 disana. Asyik kan :).
16. Sandal 1, jangan sandal jepit ya. Minimal selop karet.
17. Handuk sedang+kecil 1, handuk sedang itu buat badan, dan handuk kecil itu buat bagian wajah dan kepala. Ayo budayakan hidup sehat dengan memisahkan handuk bagian atas dan bagian bawah :).
18. Sarung 1, yups kamu gak salah baca kok. Bawa sarung 1 ya. Pasti berasa banget manfaatnya :).
19. Take Biru 2, kalah lebih juga gak apa-apa. Yang masih bagus ya, jangan yang sudah buluk dan lecek. Hihi.
20. Syal/slayer 1, syal atau slayer berguna banget untuk memberi kehangatan di leher kamu supaya terhindar dari udara dingin. Cari warna-warna yang soft dan tidak norak.
21. Gelas 1, atau bisa juga botol kosong. Ini akan guna banget kok. Bawa aja ya.
22. Gantungan (Hanger) 3, yang ringan saja. Buat gantung jasa/blezzer, kemeja dan celana di lemari kita disana. Biar baju-baju gak kusut kala ingin dipakai esok harinya.
23. Lip Balm 1, emang terdengar centil sih, cuma ini penting banget buat menghindari bibir pecah-pecah dan menjaga bibir agar tetap sehat. 🙂
24. ATK lengkap (binder/buku+isinya, pulpen, pensil mekanik+isinya, penghapus, tipe-x, penggaris, tempat pensil, stabilo, lem kertas, lem plastik, label, staples).
25. Dokumen (passport+scan-an passport, visa, ijazah, ktp, pas foto, kalo ada kk, akte) di scan kalau bisa simpan di email biar bisa dibuka dimana saja. Ini penting banget untuk bikin kimlik, Visa lanjutan, atau perpanjangan passport disana.

26. Flashdisk, pasti bakal butuh deh. Apalagi kalau kamu orangnya narsis. Hehehe.
27. HP, Headset, Charger+power bank, Nah pastikan ini semua tidak tertinggal kalau kamu gak mau nangis selama perjalanan 😂.
28. Alat mandi+ grooming pribadi (semprotan+kispray, gunting kuku, cottonbath, korek kuping besi, gunting, cukur rambut, sabun mandi, shampo, sikat gigi, pasta gigi, rinso cair, parfum, deodorat, cuci muka, sikat cuci, silet, handbody) letakkan di koper ya, terus di pisah-pisah sesuai klasifikasi. Contohnya begini:

img-20170222-wa0004
Sumber: Bang Nurdin El Bugis (Bandung)

29. Makanan (mie, kerupuk mentah, sambal kemasan/boncabe, snack, permen, madu, air dll) Wajib dibawa, kalau kamu gak mau menderita karena bakal kangen makanan-makanan indo :’). Terutama Indomie. Hihi.
30. Obat pribadi (balsem/minyak kayu putih/freshcare, tolak angin, vit. C+obat pribadi).
31. Tasbih, masukan di tas kecil kamu, zikir selama di pesawat adalah pilihan tepat!
32. Kitab (amtsilah, bina, maksud, awamil, idzhar, fathul qorib, riq’ah, b. Turki, kamus, tecvid karabaş, doa2 asrama, safinah, dll)

#Sumber: Bang Ocid, Bang Bahriyun, pengalaman taun kemarin. Agak lebay sih tapi lumayan lengkap 😂 Diteruskan lagi dari angkatan #5 Bang Mukrim, dan angkatan #6 Bang Amin. Dan di post oleh angkatan #7 Kış Grubu, semoga bisa bermanfaat untuk angkatan selanjut-selanjutnya :).

Menjelang keberangkatan pasti ada saja rekan-rekan disana yang meminta dibawakan sesuatu (nitip), ini sah-sah saja selama persediaan ruang kosong bagasimu masih mencukupi, tapi ingat prioritaskan barang bawaanmu terlebih dahulu ya.

Semoga bermanfaat 🙂 Luruskan niat dan bulatkan tekad. Sampai bertemu di negeri 1000 menara. Amiin.

[Jika ada kritik, saran, dan pertanyaan, silakan tulis di kolom komentar. Teşekkür ederim]

img-20170121-wa0023
Kış Grubu #7
Advertisements